Jumat, 13 Juli 2018

Kota Indah Sorong Di Bagian Timur Nusantara





 
Kota Sorong sangatlah strategis karena merupakan pintu keluar masuk dan transit ke Provinsi Papua Barat. Kota Sorong juga merupakan kota industri, perdagangan dan jasa, karena Kota Sorong dikelilingi oleh kabupaten lain yang mempunyai sumber daya alam yang sangat potensial sehingga membuka peluang bagi investor dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya.

Kota yang terletak di ujung Indonesia ini, selain memiliki kearifan lokal, juga memiliki potensi yang tak kalah saing dari kota-kota lain. Siapa sangka, masyarakat yang dominan berkulit hitam dan berambut kriting ini ternyata memiliki sifat ramah dan terbuka antar sesama. Terlihat dari kemajuan kota Sorong saat ini, berbagai suku, bahasa, dan agama ada di dalamnya. Keterbukaan dan keramah tamahan masyarakat membuat banyak investor-investor besar berdatangan ke kota ini. Terlihat dari pertumbuhan ekonomi dan perkembangan bangunan serta swalayan yang begitu pesat, menjadikan kota Sorong merupakan salah satu kota termaju di ujung timur Indonesia.
Selain masyarakatnya yang ramah, kota Sorong juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik yaitu salah satunya Tembok Berlin Lido dan di salah satu pulau di Sorong ada kabupaten Raja Ampat yang sangat terkenal dengan surganya pantai dan alam bawah laut. Selain itu Sorong juga memiliki makanan khas seperti halnya daerah-daerah lain yakni Papeda yang memang itu merupakan makanan khas dari Papua yang bahan dasarnya terbuat daru sagu serta ada satu lagi makanan yang unik yakni Barapen yaitu makanan berupa daging dan umbi-umbian yang dibungkus dedaunan lalu diatasnya diberi batu yang cukup untuk menutupi makanan itu, makanan itu akan masak karena batu-batu itu telah di bakar sebelumnya. 
Nama lain dari kota Sorong adalah kota bersama dikarenakan kota Sorong adalah pintu masuk dari wilayah kepulauan papua, dimana kapal-kapal untuk masuk kedaerah-daerah di papua haruslah memasuki kota Sorong terlebih dahulu, itulah salah satu sebab menjadikan Sorong dinamakan kota bersama. Para perantau pun yang hendak merantau ke pulau di timur Indonesia ini lebih senang tinggal di Sorong, karena untuk mencari penghasilan di Sorong bisa digolongkan cukup mudah.
Di kota Sorong ada satu tempat yang menjadi tempat nongkrongnya anak-anak muda dan orang tua. Tempat tersebut biasa disebut penduduk lokal sebagai “Tembok”,  atau “Tembok Berlin”.  Dinamakan Tembok karena memang ada bangunan tembok yang menjadi penghalang air laut masuk kejalan terutama saat air laut pasang dan ombak besar. Kalau air laut sedang sedang surut malah muncul pantai yang katanya dikenal sebagai pantai Lido. 
Yang paling istimewa dari Tembok Berlin ini adalah panorama sunsetnya yang luar biasa.  Letak tembok berlin ini memang pas menghadap ke Barat sehingga kita dapat menyaksikan Sunset yang sempurna. Dari kejauhan kita bisa siluet kapal – kapal besar yang sedang berlayar maupun pulau pulau kecil disekitar Sorong seperti Pulau Buaya.  Di sore hari di sepanjang Tembok banyak anak-anak muda nongkrong sambil menikmati makanan yang banyak dijual dipinggir jalan. 

Menuju Tembok Berlin tidaklah sulit. Kita bisa melewatinya saat dari Bandara Domine Eduard Osok menuju pusat kota. Posisi pantainya yang mudah dijangkau dan menghadap barat sehingga memungkinkan pengunjungnya menikmati matahari terbenam tentunya menjadi daya tarik kuat. Apalagi di bagian selatan hingga tengah pantai banyak berdiri warung tenda pada waktu malam untuk kita makan malam atau sekadar nongkrong dan ngobrol bersama teman atau keluarga. Di ujung selatan pantai, beberapa warung menyediakan makanan laut yang dibakar dengan bumbu khas Nusantara. Sedangkan warung lainnya menamakan dirinya cafe dan menyediakan berbagai makanan ringan seperti jagung dan roti bakar serta beraneka minuman.
Rumah penulis pun berada di posisi strategis pusat kota. Dari arah bandara Domine eduard Osok (DEO), membutuhkan 7 sampai 15 menit perjalanan (jika macet) menuju rumah penulis. Begitu dengan letak pelabuhan yang hanya berjarak 5 menit perjalan dari rumah. Begitu juga dengan wisata pantai Tembok Berlin hanya berjarak 5 menit dari rumah penulis. Selain itu rumah penulis berada di daerah strategis menuju pasar, sekolah, kantor, area perbelanjaan, dll.
Satu lagi wisata yang berhasil menarik perhatian dunia yaitu wisata Raja Ampat yang merupakan salah satu kepulauan yang terletak dekat dengan kota sorong menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara berdatangan untuk menikmati Surganya alam bawah laut dan eksotisme pulau yang sangat indah. 
Tak Habis-habisnya jika membicarakan berbagai hal tentang kota Sorong. Itulah kota sorong memang pantas dijuluki syurganya pulau Papua, karena memang kota tersebut strategis dan merupakan kota yang penuh dengan orang dari berbagai Suku, Bangsa, dan Negara yang menjadikan Sorong kaya akan beragam kuliner, kebudayaan, keanekaragaman seni, dan masi banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates